Penyebab Bau Badan pada Pria Wanita dan Cara Mengatasinya

Post On: 31 December 2015
December 31, 2015

Mencari penyebab bau badan merupakan langkah tepat untuk mengatasi persoalan bau badan. Sebab meski sudah menjadi rahasia umum kalau bau badan disebabkan oleh keringat, tepatnya keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine yang terdapat di tempat-tempat yang menjadi tempat tumbuhnya rambut, namun keringat yang menghasilkan bau tidak sedap tersebut muncul karena dipicu oleh faktor-faktor eksternal lainnya.

Dengan kata lain penyebab bau badan dan cara mengatasinya memiliki kaitan yang erat, karena dengan mengetahui penyebabnya maka kita akan dapat lebih mudah untuk mengatasinya, baik lewat cara instan dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu munculnya bau badan maupun lewat pencegahan.

Penyebab Bau Badan pada Wanita dan Pria

Penyebab bau badan sendiri sebenarnya tidak membedakan gender, artinya penyebab bau badan pada wanita sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pria. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah:

  • Faktor Genetika

Ada sejumlah orang yang karena faktor keturunan membuatnya memiliki kelainan, dimana tubuhnya melakukan mutasi gen yang disebut trimethylaminuria, yakni tidak dapat memecah senyawa kimia trimetilamine. Kelainan tersebut menjadi makanan seperti daging dan ikan yang dikonsumsi, saat berada di dalam organ pencernaan tidak dapat diproses dengan sempurna, sehingga bau amis yang ditimbulkan ikan dan daging dilepas lewat urine, napas, serta keringat.

  • Stress

Stress dapat menjadi pemicu munculnya bau badan, karena pada saat mengalami stress produksi keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine semakin bertambah, dan sebagaimana kita tahu, keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine mengeluarkan bau yang tidak sedap.

stress-penyebab-bau-badan-wanita-pria

  • Penyakit Tertentu

Beberapa jenis penyakit tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya bau badan. Salah satu diantaranya adalah penyakit diabetes. Para penderita diabetes yang dalam kondisi ketoasidosis diabetikum, dengan kadar insulin yang rendah membuat tubuh akan memecah lemak  untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Hal ini membuat terbentuknya keton pada tubuh, dan penumpukan keton dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga :

Penyebab Terjadinya Sakit Batu Ginjal pada Pria dan Wanita

Penyebab Batuk Berdahak Berdarah Berkepanjangan

Pantangan bagi Penderita Sakit Batu Ginjal

Pantangan bagi Penyakit Asam Urat

Meski secara umum penyebab bau badan antara pria dan wanita tidak jauh berbeda, namun ada penyebab khusus yang banyak ditemui pada kaum pria. Penyebab bau badan pada pria tersebut diantaranya paparan asap rokok, minuman beralkohol, serta  bau kaki yang menyengat.

BACA  Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat Secara Alami Efektif

Penyebab bau kaki tidak sedap umumnya karena para pria saat bekerja kerap kali mengenakan sepatu, sehingga kaki senantiasa berada pada tempat yang gelap dan lembab yang dapat memicu pertumbuhan bakteri micrococcus sedentarius yang mengeluarkan bau seperti belerang.

Jenis Makanan Penyebab Bau Badan

Diantara sekian banyak faktor eksternal yang menjadi penyebab bau badan, faktor yang paling banyak mempengaruhi adalah makanan. Beberapa jenis makanan penyebab bau badan tersebut diantaranya adalah:

  • Rempah-rempah

Dengan aromanya yang kuat, rempah-rempah yang dikonsumsi pada saat dicerna akan menghasilkan gas sulfur, dan gas tersebut selanjutnya diserap oleh darah lalu dieliminasi lewat paru-paru dan pori-pori kulit sehingga membuat bau mulut dan bau badan menjadi tidak sedap.

  • Junk Food dan Makanan Olahan

Junk Food dan makanan olahan yang mengandung garam, gula, tepung, dan minyak terhidrogenasi dengan kadar yang banyak atau berlebih, saat dicerna cenderung akan membusuk di dalam perut sehingga menghasilkan bau napas dan bau badan yang tidak sedap.

  • Karbohidrat Rendah

Makanan dengan karbohidrat rendah dapat menjadi penyebab asupan makanan yang kaya protein menjadi berlebih. Hal ini memicu pembakaran lemak dalam tubuh yang prosesnya dapat membuat keton terlepas ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan keringat mengeluarkan bau tidak sedap.

  • Susu dan Produk Olahannya

Susu dan berbagai produk olahannya yang kaya akan protein, pada saat dicerna di dalam perut akan menghasilkan hidrogen sulfida serta metil merkaptan yang menyebabkan keringat mengeluarkan bau menyengat.

Itulah beberapa penyebab bau badan yang harus kita hindari untuk mencegah munculnya bau badan yang tidak sedap yang dapat mengurangi rasa percaya diri.

Related to Penyebab Bau Badan pada Pria Wanita dan Cara Mengatasinya