Penyebab Bisul pada Bayi Usia 3 dan 4 Bulan

Post On: 27 January 2016
July 30, 2016

Jika Anda memiliki anak yang masih bayi, berhati-hatilah. Banyak penyakit kulit yang bisa menyerang buah hati Anda tersebut termasuk bisul. Bisul tak mengenal usia, dari bayi hingga kakek-kakek bisa terkena penyakit ini. Penyebab bisul pada bayi pun cukup beragam.

Bisul terjadi karena berbagai macam hal. Secara umum, bisul muncul pada tubuh karena terjadinya infeksi pada peredaran darah yang menyebabkan peradangan pada kulit kita. Hal itu membuat munculnya benjolan kecil berwarna merah yang biasa disebut dengan bisul.

Seorang bayi sangat rentan terkena penyakit ini karena sistem metabolism tubuhnya yang masih lemah dan kondisi kesehatannya yang kurang stabil. Jika tak dirawat dengan baik, bisul pada bayi bisa menjadi masalah yang cukup sulit dipecahkan.

Penyebab Bisul pada Bayi 3 dan 4 Bulan

Selain gatal, bisul juga terkadang memberikan rasa sakit yang luar biasa. Bisul yang sudah dalam tahap parah biasanya terdapat nanah di dalamnya. Nanah itulah yang membuat sebuah bisul menjadi perih dan mengakibatkan sakit jika dipegang.

penyebab-bisul-di-kepala-bayi-baru-lahir-3-4-bulan

Ada banyak obat yang bisa kita berikan kepada bayi yang terkena bisul. Mulai dari obat medis hingga obat herbal tradisional. Jika bayi Anda belum genap 2 tahun, ada baiknya untuk berkonsultasi dnegan dokter anak sebelum dibawa ke dokter kulit.

Untuk anak di bawah 2 tahun sangat direkomendasikan untuk menggunakan obat tradisional. Untuk mencegah bayi kita terserang penyakit bisul, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal yang memicu atau menyebabkan munculnya penyakit satu ini. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab bisul pada bayi 4 bulan atau lebih.

Makanan

Terkadang makanan yang diberikan kepada bayi dan apa yang dikonsumsi ibu saat hamil menjadi salah satu faktor yang penyebab bisul pada bayi baru lahir. Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau juga bisa menjadi makanan penyebab bisul. Seperti makanan yang berbau amis, seperti ikan asin atau sea food. Memang, bayi belum disarankan untuk makan makanan tersebut, jadi jangan coba-coba untuk memberi makanan tersebut.

BACA  Ciri Ciri Anak Autis dan Hiperaktif Ringan Sejak Bayi

Lingkungan yang Kotor

Lingkungan yang penuh kuman dan bakteri bisa mempermudah munculnya penyebab bisul pada bayi 3 bulan. Kebersihan rumah yang tak dijaga bisa menjadi faktor penyebab utama dari bisul. Rumah yang kotor merupakan tempat yang digemari oleh kuman dan bakteri jahat untuk berkembang biak. Banyaknya kuman dan bakteri di lingkungan yang kurang terjaga tersebut akan membuat bakteri penyebab bisul bisa menyerang tubuh bayi kita.

Kebersihan Air

Air yang tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab bisul pada kepala bayi. Maka itu perhatikan pula air yang kita gunakan untuk memandikan bayi kita. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih. Kalau perlu, gunakan air matang yang dimasak terlebih dahulu agar lebih higienis. Air yang dimasak terlebih dahulu lebih sehat karena kuman dan bakteri jahat akan terbunuh lewat hawa panas air mendidih. Jaga selalu kebersihan air yang digunakan untuk memandikan buah hati kita.

Pakaian yang tak Higienis

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, anak-anak terutama yang masih bayi sangat rentan terkena berbagai macam penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih kurang. Hal kecil yang terkadang luput oleh para orang tua adalah kebersihan pakaian.

Pakaian kotor yang mungkin dianggap tak begitu berbahaya ternyata mampu menyebabkan munculnya bisul pada buah hati kesayangan kita. Untuk itu, pastikan pakaian yang akan dikenakan pada bayi kita selalu terjamin kebersihannya.

Nah, itu dia beberapa faktor yang menjadi penyebab bisul pada bayi. Jika tak ingin buah hati kecil kita terkena penyakit bisul, jagalah selalu kebersihan lingkungan dan mulailah gaya hidup sehat. Sudah sepatutnya gaya hidup sehat ditumbuhkan sejak usia dini.

Related to Penyebab Bisul pada Bayi Usia 3 dan 4 Bulan