Penyebab dan Cara Menghilangkan Penyakit Bisul di Ketiak

Post On: 11 January 2016
July 30, 2016

Bisul bisa dibilang penyakit kulit yang sangat merepotkan. Bisul bisa datang dan tumbuh di mana saja serta bisa menyerang berbagai bagian tubuh kita. Dari bagian tangan, kaki, muka hingga badan. Namun, apa jadinya jika ada bisul di ketiak kita?

Bisul yang tumbuh di ketiak bisa sangat menyusahkan sekaligus menyakitkan. Munculnya bisul pada bagian tersebut bisa membuat aktivitas sehari-hari kita terganggu. Misalnya, susah meletakkan tangan di samping pinggang hingga kesakitan dan rasa nyeri pada lipatan ketiak kita tersebut.

Penyebab Bisul di Sekitar Area Ketiak

Penyebab bisul di ketiak sendiri sebenarnya sama dengan penyebab bisul di bagian lain, yaitu infeksi pada perederan dalam darah. Bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak ini memang sanat rentan terkena serangan bisul. Hal ini karena sistem perederan darah di bagian lipatan tubuh sering terjadi penyempitan dan penyumbatan.

penyebab-cara-mengobati-bisuk-ketiak

Lalu, bagaimana cara mengobati bisul di ketiak? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul pada bagian ketiak tersebut. Cara pengobatan yang dilakukan harus diperhatikan karena bagian tubuh yang terkena adalah bagian lipatan tersembunyi yang berpengaruh pada gerakan tangan kita.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Penyakit Bisul pada Ketiak

Karena ketiak adalah salah satu bagian pada tubuh kita yang cukup sensitif, kita tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis obat atau cara mengobati. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan bisul pada ketiak yang bisa kita lakukan.

  1. Gunakan Salep

Jika bisul pada ketiak Anda sudah lama dan tak hilang-hilang, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Pemeriksaan dokter berguna untuk mengetahui obat apa yang cocok untuk diberikan. Obat bagi bisul dari dokter sendiri ada bermacam-macam, salah satunya adalah salep. Salep merupakan obat yang paling banyak diminati karena bisa epat menyembuhkan. Tapi ingat, belilah salep sesuai anjuran dan resep dari dokter. Hal ini karena jenis dan tipe bisul tiap orang berbeda-beda.

  1. Antibiotik

Selain salep, dokter juga biasa memberikan antibiotik lewat suntikan atau obat-obatan berbentuk pil atau kapsul. Jika tak suka salep, Anda bisa meminta dokter untuk memberikan antibiotik sebagai salah satu cara mengobati bisul di ketiak. Belilah obat atau antibiotik yang sudah dianjurkan atau direkomendasikan dokter yang telah memeriksa Anda.

  1. Oleskan Bawang Putih
BACA  Cara Mengatasi Mata Lelah Perih dan Pusing secara Alami

Jika lebih suka dengan obat alami, Anda bisa menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan bisul di ketiak Anda. Caranya cukup sederhana, tumbuk atau ulek 3-4 siung bawang putih sampai halus. Setelah halus, oleskan bawang putih tersebut ke tempat bisul Anda tumbuh. Karena letaknya di ketiak, Anda mungkin akan merasakan rasa perih di bagian lipatan tersebut. Tahan sebisanya, karena penggunaan bawang putih ini terbilang cukup mujarab.

Baca Juga :

Manfaat Beras Merah untuk Penderita Diabetes

Penyebab Penyakit Ambeien

Gejala Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

  1. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa menjadi obat herbal alami yang bisa menyembuhkan penyakit bisul di ketiak. Jika tak mau ketiak Anda panas dan perih akibat olesan bawang putih, Anda bisa menggunakan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih dan rebus selama 5 menit. Air rebusan daun sirih tersebut kemudian digunakan untuk membasuh bisul yang ada pada ketiak.

  1. Cuka Apel

Selanjutnya ada cuka apel yang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul. Cuka apel sendiri sudah banyak dijual di apotek atau toko obat terdekat. Pakailah cuka apel tersebut untuk menyembuhkan bisul pada ketiak Anda. Kandungan asam cuka tersebut mampu mereduksi hingga menghilangkan bisul yang tumbuh pada tubuh kita.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk menyembuhkan bisul di ketiak kita. Bisul pada bagian lipitan tubuh seperti ketiak memang lazim terjadi. Sangat disarankan untuk periksakan diri Anda ke dokter jika bisul pada ketiak sudah lama dan tak sembuh-sembuh.

Related to Penyebab dan Cara Menghilangkan Penyakit Bisul di Ketiak