Penyebab dan Cara Mengobati Bisul pada Bayi 2 dan 3 Bulan

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Anak-anak yang masih kecil, khususnya balita sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Metabolisme dan ketahanan tubuh anak-anak yang masih lemah membuat banyak penyakit dengan mudah menyerang. Salah satunya adalah penyakit bisul pada bayi kita.

Bisul memang penyakit yang tak pandang usia. Semua lapisan usia bisa terserang penyakit yang satu ini, dari yang masih balita hingga yang sudah berumur. Penyebab penyakit bisul pada bayi sendiri terjadi karena tersendatnya peredaran darah yang membuat munculnya benjolan kecil pada bagian tubuh kita.

Benjolan bisul sendiri bisa tumbuh dimana saja, bisa di kaki, tangan, wajah, hingga bagian badan. Namun, kebanyakan bisul muncul di daerah lipatan tubuh seperti di sekitar area sikut, lutut, atau ketiak. Jangan remehkan penyakit kulit yang satu ini, karena jika tak ditangani dengan tepat bisa-bisa makin parah dan memicu penyakit lain.

Penyebab dan Cara Mengobati Bisul pada Kepala Bayi 2 dan 3 Bulan

penyebab-bisul-bayi-2-3-bulan

Kita juga harus lebih waspada jika bisul muncul pada tubuh buah hati kita. Bayi memang sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Ada beberapa cara mengobati bisul pada bayi yang bisa kita lakukan ketika bayi kita terkena penyakit bisul. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menangnai bisul pada bayi kita.

Oleskan Minyak Telon

Kita wajib waspada terhadap bintik-bintik merah yang muncul pada tubuh anak kita. Bisul pada bayi 2 bulan biasanya diawali dengan bintik-bintik kecil berwarna merah yang kemudia membesar dan terus membesar. Jika kita melihat adanya bintik kecil berwarna kemerahan pada bagian tubuh anak kita, segera oleskan minyak telon. Penggunaan minyak telon bisa menghambat sekaligus mengobati bintik-bintik merah yang bisa saja menjadi bisul tersebut.

Baca Juga :

Mengatasi Batuk Pilek pada Bayi

Ciri Ciri Penyakit Asma Kambuh Akut pada Bayi dan Anak

Obat Batuk Kering untuk Anak – Anak 1 dan 2 Tahun

Obat Batuk Alami untuk Anak Balita 1, 2 , 3 Tahun

Gunakan Daun Sirih

Jika setelah diberi minyak telon bintik merah tak bisa hilang tapi justru makin membesar, segera gunakan ramuan tradisional berupa tumbukan daun sirih. daun sirih memang mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengobati bisul.

BACA  Perawatan Khusus Untuk Anak Autisme

Jika bisul pada bayi kita sudah mulai tampak, segera ambil beberapa lembar daun sirih kemudian tumpuk hingga cukup halus. Jika sudah halus kita bisa langsung mengoleskan tumbukkan daun sirih tersebut ke bagian bisul yang muncul pada tubuh bayi kita.

Cuka Apel

Jika sulit mendapatkan daun sirih, kita bisa menggantinya dengan cuka apel. Maka untuk penanggulangan bisul pada bayi 3 bulan caranya sama saja, yaitu dengan mengoleskan pada bisul yang muncul di tubuh bayi kita. Asam cuka dari buah apel bisa menyembuhkan dan mengembalikan sistem peredaran darah yang telah terinfeksi dan menjadi bisul. Kita bisa membeli cuka apel ini di toko-toko makanan atau apotek terdekat.

Obat dari Dokter

Jika penggunaan bahan-bahan alami tradisional masih belum bisa menyembuhkan buah hati kita, ada baiknya jika segera membawa bayi kita ke dokter. Cara ini memang sangat direkomendasikan karena masalah seperti penyebab bisul pada kepala bayi susah untuk di deteksi. Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Jika dokter anak sudah memberi rekomendasi dan izin, kita bisa menemui dokter kulit.

Biasanya, dokter akan memberikan dua macam obat yaitu obat yang diminum dan obat yang dioleskan. Obat yang dioleskan berupa salep yang bisa menyembuhkan bisul pada bagian tubuh anak kita tersebut. Untuk penggunaannya kita harus mengikuti anjuran dokter, mengingat yang diobati adalah seorang bayi, jadi tak boleh sembarangan. Konsultasi secara berkala dibutuhkan jika bisul pada bayi kita tak juga hilang.

Nah, itu tadi cara penanganan untuk penyakit bisul pada bayi kita. Usia balita memang usia paling rawan terserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, jaga selalu buah hati kita yang masih bayi agar terhindar dari segala macam serangan penyakit.

Related to Penyebab dan Cara Mengobati Bisul pada Bayi 2 dan 3 Bulan