Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bisul di Telinga

Post On: 26 January 2016
July 30, 2016

Penyakit kulit seperti bisul kadang menjadi masalah yang menyusahkan. Menyusahkan karena bisul bis tumbuh di seluruh bagian tubuh kita, mulai dari yang mudah terlihat orang lain atau yang tertutup. Misalnya bisul yang tumbuh di badan, punggung, perut, kaki, tangan, wajah, bahkan bisul di telinga.

Kasus bisul di telinga mungkin tak sesering bisul yang tumbuh di tangan, kaki, badan atau wajah. Namun tetap saja, bisul yang tumbuh di telinga tersebut tentu sangat menyusahkan penderitanya. Selain bisa mengganggu penampilan, bisul di telinga bisa juga mengganggu pendengaran kita.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bisul di Telinga

Bisul merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri pada bagian kulit dan peredaran darah. Penyebab bisul di telinga akibat infeksi tersebut, maka muncullah benjolan kecil yang lama-lama bisa membesar. Di dalam bisul tersebut biasanya terdapat cairan berupa nanah yang warnanya putih kekuningan.

salep-mengobati-bisul-bernanah-ampuh-bagus

Jangan sembarangan dalam penanganan penyakit satu ini. Kebanyakan orang akan memecahkan bisul yang muncul agar cepat hilang. Padahal cara itu hanya akan membuat bisul semakin membesar dan sulit menghilang. Oleh sebab itu, jangan sembarangan untuk mengatasi penyakit ini, terutama bisul pada telinga.

Sebaiknya, segera periksakan diri Anda ke dokter kulit jika mengalami masalah bisul yang sudah sangat mengganggu. Penanganan dini sangat bermanfaat agar bisul yang tumbuh di berbagai macam tempat, termasuk telinga bisa diatasi dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bisul yang tumbuh pada telinga kita. Jika tak mau ke dokter karena takut kemahalan dalam membeli resep obat, Anda bisa menggunakan beberapa ramuan herbal berkhasiat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan bisul di telinga dengan menggunakan ramuan herbal tradisional berkhasiat.

Ramuan Daun Sirih

Mengobati bisul yang tumbuh di telinga baiknya menggunakan obat oles. Nah, salah satu obat oles yang bisa dibuat dari bahan herbal tradisional berasal dari bahan daun sirih. Daun sirih mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal bakteri-bakteri penyebab bisul di telinga.

BACA  Cara Mengatasi Kutu Rambut Secara Alami dg Cepat

Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih bersihkan lalu rebus. Setelah direbus tiriskan sebentar, lalu tumbuk hingga halus. Setelah cukup halus, tumbukan daun sirih tersebut bisa dioleskan pada bisul yang ada di sekitar area telinga. Ramuan ini dipastikan aman untuk digunakan pada kulit kita.

Ramuan Asam Jawa dan Kunyit

Ramuan selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk obat bisul di telinga adalah campuran Asam Jawa dan Kunyit. Kandungan yang ada pada kedua bahan alami tersebut dipercaya mampu menyembuhkan bisul hingga menghilangkan bekasnya.

Caranya, ambil satu sendok teh Asam Jawa dan satu ruas Kunyit. Setelah itu, tumbuk atau ulek hingga kedua bahan tersebut cukup halus. setelah halus, kita tinggal mengoleskan ramuan Asam Jawa dan Kunyit yang sudah halus tersebut ke bagian telinga yang terserang bisul.

Daun Belimbing

Daun belimbing tak hanya digunakan sebagai bumbu penyedap, tapi juga bisa digunakan untuk ramuan obat bisul pada telinga. Kandungan vitamin C dan B yang ada pada daun belimbing ternyata mampu melawan bakteri jahat penyebab bisul. Oleh karena itu, ramuan ini bisa menjadi pilihan Anda.

Cara membuatnya juga tak terlalu rumit. Ambil 10 sampai 15 helai daun belimbing lalu cuci bersih. Setelah bersih tumbuk atau haluskan. Jika sudah cukup halus campur dengan sedikit air hangat matang. Campurkan terus hingga menjadi bubur. Setelah menjadi bubur, kita bisa langsung mengoleskan ke bagian telinga yang ada bisulnya.

Itu tadi cara mengobati bisul di telinga dengan menggunakan bahan herbal alami. Jika tak ingin ke dokter, ramuan dan obat herbal alami bisa menjadi pilihan kita untuk menyembuhkan berbagai macam bisul yang ada di tubuh kita.

Related to Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bisul di Telinga