Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Resikonya

Post On: 22 May 2017
May 22, 2017

Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Resikonya – Gout atau penyakit asam urat merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak bisa ditahan pada penderita. Terjadi pembengkakan, rasa panas pada persendian juga menjadi salah satu gejala dari penyakit asam urat didalam tubuh.

Penyakit asam urat ini sebenarnya dapat menyerang semua sendi, akan tetapi yang paling sering terserang biasanya adalah sendi jari tangan, sendi lutut, sendi pergelangan tangan dan kaki serta jari kaki. Penyakit asam urat sendiri sebenarnya lebih rawan menyerang pria dibandingkan menyerang wanita utamanya ketika usia pria berada diatas usia 30 tahun. Sementara pada perempuan biasanya penyakit asam urat ini timbul ketika ia sudah mengalami masa menopause. Mereka yang terserang penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat didalam jam pertama. Pada tahap ini penderita tidak akan dapat bergerak dengan sangat leluasa. Lantas apa saja aspek yang menjadi penyebab dari penyakit asam urat ini?

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Gejala nyeri dan juga bengkak yang dirasakan oleh penderita penyakit asam urat sebenarnya disebabkan karena sendi tertusuk oleh kristal-kristal tajam pada area sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat oleh asam urat itu sendiri. Mereka yang suka mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kandungan purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut dan daging merah serta mereka yang suka mengonsumsi alkohol tentunya sangat beresiko 3 kali lipat mengalami asam urat di usia 30an tahun. Selain itu penyakit asam urat ini juga sangat rawan menyerang orang-orang yang memang sudah menderita penyakit kronis sebelumnya seperti diabetes, hipertensi atau gagal ginjal kronik. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan, seseorang yang memiliki keturunan asam urat ternyata beresiko 2 kali lipat terserang penyakit asam urat yang sama. Atau dengan kata lain sebenarnya penyakit asam urat ini juga bisa disebabkan karena genetik.

BACA  Penyebab Asam Urat Tinggi pada Tubuh Manusia

Mungkin Anda masih penasaran apakah Anda terserang asam urat, beresiko asam urat atau tidak? Untuk mengetahuinya ada baiknya Anda temui dokter dan jika Anda merasa gejala-gejala penyakit asam urat nantinya dokter akan mendiagnosa lebih dulu dalam darah Anda. Dokter akan coba pastikan adakah kristal natrium pada urat dan sendi Anda atau tidak. Ketika Anda periksa kondisi asam urat didalam darah, biasanya dokter akan bertanya mengenai beberapa aspek diantaranya lokasi sendi yang terasa sakit, seberapa sering Anda mengalami gejala dan juga seberapa cepat gejala tersebut muncul serta dokter akan bertanya apakah ada obat-obatan yang sebelumnya dikonsumsi karena memang beberapa jenis obat ternyata dapat menimbulkan resiko penyakit asam urat.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Penyebab Penyakit Asam Urat bermanfaat. Yuk jaga kesehatan sedari sekarang.

Tags: ,

Related to Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Resikonya