Penyebab Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak dan Bayi

Post On: 14 January 2016
July 30, 2016

Kita mesti waspada terhadap berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya bronkitis. Penyakit ini termasuk golongan penyakit yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, kita harus bisa mengetahui berbagai hal yang menjadi penyebab bronkitis. Bronkitis bisa dibilang sebagai penyakit yang tak mengenal usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat berpotensi terserang penyakit ini. Namun, usia yang lebih rentan terserang penyakit ini adalah anak-anak balita.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai penyebab penyakit bronkitis, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang penyakit satu ini. Bronkitis dalam dunia medis juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Penyakit ini masuk dalam penyakit pernapasan yang mana terjadi infeksi pada bagian paru-paru, tepatnya di bagian selaput lendir. Jika terjadi infeksi pada selaput lendir tersebut, selaput lendir tersebut menjadi bengkak. Jika sudah bengkak, udara akan sulit masuk ke paru-paru.

Penyebab Penyakit Bronkitis pada Bayi

penyebab-penyakit-bronkitis-kronis-anak

Gejala dari penyakit ini biasanya akan berlangsung cukup lama. Penderita akan mengalami berbagai gejala seperti batuk-batuk, sesak nafas hingga flu yang jangka waktunya cukup lama. Jika tak segera ditangani dengan baik, bronkitis bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, kita harus mengenali tanda-tanda atau gejala bronkitis. Dengan mengetahui gejala awal dari bronkitis, kita bisa segera melakukan pertolongan pertama dengan cepat dan tepat. Selain itu, kita juga mesti tahu tindakan pencegahan seperti apa yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit paru-paru satu ini.

Agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan dini, tak ada salahnya untuk mengetahui berbagai penyebab dari penyakit ini. Penyebab bronkitis sendiri bisa dibilang sangat bermacam-macam. Berikut ini beberapa penyebab penyakit bronkitis.

Kebiasaan Merokok

Merokok memang tak baik untuk kesehatan. Berbagai macam penyakit bisa menyerang para perokok, entah perokok aktif maupun perokok pasif. Kandungan nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya dalam sepuntung rokok bisa menyebabkan penyakit bronkitis. Asap yang keluar masuk sistem pernapasan kita lama-lama akan membuat paru-paru menjadi bermasalah. Alhasil, penyakit bronkitis atau paru-paru basah bisa menyerang kita dengan mudah.

BACA  Atasi Batuk Berdahak Pada Anak. Susah Ga?

Baca Juga :

Obat Bisul Tradisional untuk Bayi 3 dan 4 Bulan

Obat Bisul Alami untuk Anak Anak

Cara Mengatasi Bau Badan Anak Secara Alami

Obat Batuk Kering untuk Anak Anak 1 dan 2 Tahun

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak merokok. Selain merugikan diri sendiri sebagai perokok aktif, Anda juga akan merugikan orang lain (perokok pasif). Apalagi jika Anda mempunyai anak kecil. Penyebab bronkitis pada bayi salah satunya adalah karena menjadi seorang perokok pasif. Jika Anda sayang anak dan bayi Anda, segeralah berhenti merokok.

Penyebab Bronkitis Kronis pada Anak

Polusi Udara

Faktor eksternal juga bisa menjadi penyebab dari penyakit bronkitis, salah satunya adalah polusi udara. Keadaan udara sekitar dimana kita tinggal bisa menjadi masalah tersendiri. Polutan yang mengandung banyak debu berbahaya jika dihirup bisa masuk ke dalam sistem pernapasan kita dan menjadi cikal bakal penyakit bronkitis.

Debu dan polusi udara itu sendiri bisa menjadi penyebab bronkitis kronis. Untuk itu, hindari polusi udara di lingkungan sekitar kita. Buatlah sistem ventilasi rumah yang baik agar udara di dalam rumah bisa terkendali.

Alergi

Alergi pada mahluk hidup tertentu juga bisa menjadi pemicu bronkitis. Ada banyak alergi yang bisa menyerang kita, mulai dari alergi tanaman, binatang, hingga bau-bau wewangian. Alergi juga menjadi salah satu penyebab bronkitis pada anak. Jangan remehkan alergi biasa yang kadang menyerang kita. Karena, alergi tersebut bisa merusak sistem pernapasan kita sekaligus menjadi penyebab utama dari penyakit bronkitis.

Nah, itu tadi beberapa penyebab bronkitis yang musti kita ketahui. Jika sudah mengetahui penyebab dari masalah paru-paru tersebut, kita bisa melakukan berbagai macam upaya pencegahan. Jika mengalami gejala-gejala awal bronkitis, segera periksakan diri ke dokter agar bisa cepat mendapatkan pertolongan.

Related to Penyebab Penyakit Bronkitis Kronis pada Anak dan Bayi