Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma Kambuh tanpa Inhaler

Post On: 24 December 2015
July 30, 2016

Mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada asma perlu untuk diketahui, tidak hanya oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit asma, tapi juga oleh siapapun, agar nanti dapat membantu mereka yang menderita asma, disaat penyakitnya kambuh.

Sebab, pada saat kambuh, gejala yang ditunjukkan oleh penderita asma kerapkali menciptakan suasana panik pada orang-orang yang berada di sekitarnya. Apalagi bagi mereka yang belum pernah melihat penderita asma kambuh.

Jika tidak mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada penderita asma, saat melihat penderita asma kambuh, sikap yang ditunjukkan pada umumnya panik tanpa tahu apa yang harus dilakukan.

Pertolongan Pertama Pada Asma Kambuh di Rumah

pertolongan-pertama-pada-asma-kambuh-di-rumah

Padahal kepanikan yang ditunjukkan oleh orang-orang yang berada di sekeliling penderita, justru akan menambah parah kondisi penderita. Sebaliknya, jika orang-orang di sekeliling tenang, maka penderita juga akan merasa tenang sehingga dapat mengatur kembali napasnya dengan baik.

Baca Juga :

Ciri Ciri Penyakit Anemia dan Penyebabnya

Ciri Ciri Terkena Alergi Terhadap Obat

Penyebab Alergi Udara Dingin pada Manusia

Makanan Sehat dan Dilarang untuk Penderita Asam Urat

Untuk memberikan pertolongan pertama pada asma kambuh, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Kontrol Kepanikan

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa kepanikan justru akan memperburuk keadaan. Sehingga disaat melihat penderita asma kambuh, usahakan untuk menekan rasa panik pada diri sendiri, dan ciptakan ketenangan pada orang-orang yang berada di sekeliling. Setelah semua merasa tenang, bantu penderita untuk dapat mengendalikan diri, mengontrol keadaan, sambil meyakinkan kepada penderita bahwa Anda dan orang-orang di sekeliling akan siap membantunya.

Tanyakan, apakah penderita membawa inhaler atau obat-obatan yang biasa dipakai untuk meredakan penyakitnya. Jika membawa, bantu dia untuk mengambil inhaler /obatan-obatan tersebut, dan bantu pula untuk mempergunakannya. Jika tidak, segera bawa ke puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat agar penderita bisa memperoleh pertolongan yang tepat.

  • Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Inhaler atau Obat-obatan
BACA  Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ambeien

Jika saat penderita kambuh tidak membawa inhaler atau obat-obatan dan  posisinya cukup jauh dari Puskesmas, klinik maupun rumah sakit,  lakukan pertolongan pertama pada asma tanpa inhaler dengan cara membawa penderita ke tempat yang tenang dan lapang sehingga tersedia oksigen yang cukup banyak bagi penderita.

Lepaskan jaket jika dia mengenakan dan longgarkan baju yang dipakai agar dapat bernapas dengan lega. Sandarkan penderita di kursi atau tembok dengan posisi setengah duduk untuk membuat rongga paru-paru lebih luas, dan hindarkan memposisikan penderita dalam keadaan tidur atau berbaring.

Untuk meringankan serangan asma, minumkan air hangat secukupnya pada penderita, dan pijat perlahan-lahan pada bagian jempol kaki, tepatnya 3 – 5 cm di atas ruas jempol, karena bagian tersebut berhubungan dengan syaraf paru-paru.

Tindakan tersebut biasanya cukup efektif untuk meredakan asma yang kambuh. Jika ternyata penderita berhenti bernapas atau hilang kesadaran, lakukan resusitasi atau pemberian napas bantuan, serta periksa pernapasan dan peredaran darahnya. Bersamaan dengan upaya memberikan pertolongan pertama, lakukan tindakan lanjutan dengan meminta bantuan medis.

  • Pertolongan Pertama Pada Asma di Rumah

Pertolongan pertama pada penderita asma tanpa inhaler/obat-obatan sebagaimana tersebut di atas, juga dapat diterapkan untuk pertolongan pertama pada asma di rumah, jika kebetulan persediaan inhaler/obat-obatan sedang habis. Jika masih ada, tetap gunakan inhaler sebagai alternatif pengobatan pertama, karena inhaler mengandung agonis reseptor beta-adrenergik  yang efektif untuk mengontrol gejala asma.

Jika asma yang menyerang relatif ringan, dalam tempo beberapa menit usai menghirup inhaler, serangan asma akan redah dengan sendirinya. Saat berada di rumah, penderita asma juga harus diingatkan agar senantiasa menghirup inhaler sekitar 5 – 10 menit sekali untuk menghindari datangnya seerangan asma.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada asma.

Related to Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma Kambuh tanpa Inhaler