Bagaimana Solusi Batuk Pada Bayi yang Tepat?

Post On: 12 April 2017
April 8, 2017

Batuk pada bayi memang akan membuat sebagian orang tua merasa dilema. Hal ini menyebabkan bunda jadi berpikir “Anak baru lahir dan baru senang kok sudah mendapatkan kondisi yang seperti ini?” Jangan salah bunda, sebenarnya bayi batuk merupakan hal yang wajar.

Batuk pada bayi sebenarnya bukan sebuah penyakit. Kondisi itu sebenarnya merupakan sebuah reaksi alami dari dalam tubuh untuk dapat membantu dalam mengeluarkan benda-benda asing seperti halnya dahak, atau juga lendir yang dapat mengganjal pada saluran nafas atau tenggorokan bayi Anda. Hal-hal ini kadang kala bisa menyebabkan bayi batuk pilek atau bahkan bayi batuk berdahak. Mengenai soal penyebabnya, ada beberapa aspek yang menjadi penyebab batuk pada bayi diantaranya flu atau demam, virus, bakteri, asma, alergi dan sebagainya. Lantas dalam menyembuhkan batuk pada buah hati kita seperti apa solusi yang paling tepat dilakukan?

Batuk Pada Bayi

Solusi Batuk Pada Bayi yang Tepat

ASI (Air Susu Ibu)

Cara ini dapat Anda lakukan pada bayi yang usianya diatas 1 tahun. Untuk bayi yang usianya dibawah 2 tahun, Anda dapat berikan ASI saja karena ASI merupakan sumber terbaik untuk bayi Anda dalam mengatasi beragam masalah termasuk sakit batuk.

Madu

Madu memang salah satu bahan herbal yang sangat baik karena didalam madu juga terdapat kandungan yang sangat efektif dalam menangkal dan meredakan batuk. Anda dapat berikan madu ketika bayi sedang batuk. Didalam madu akan Anda temukan kandungan zat yang bernama antimikrobial yang dapat membantu si kecil mengatasi infeksi batuk atau bahkan radang serta terdapat kandungan antioksidan yang dapat membuat imun bayi Anda akan semakin meningkat.

Obat Gosok

Kalau Anda tahu bayi Anda batuk, Anda harus memberikan rasa hangat untuk dia. Ketika Anda akan keluar bersama bayi, supaya batuk tidak semakin parah ada baiknya untuk Anda coba kenakan kaos kaki agar bayi Anda merasa hangat. Anda juga dapat memberikan obat gosok atau minyak telon untuk membuatnya semakin merasa hangat dan meredakan batuknya sekaligus.

BACA  Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak, Bayi dan Ibu Hamil

Terapi Uap

Memberikan terapi uap untuk membuat bayi yang sedang batuk menjadi tenang juga sangat mudah. Anda langsung saja masak air sampai mendidih dan kemudian Anda tuangkan ke dalam baskom atau mangkuk. Kemudian Anda bisa gendong bayi dengan mendekatkan pada air panas tersebut. Pastikan bayi Anda menghirup uap tersebut. Kemudian Anda bisa berikan minyak esensial juga ke air yang digunakan penguapan tersebut.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas tentang Solusi Batuk Pada Bayi yang Tepat menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Tags: , ,

Related to Bagaimana Solusi Batuk Pada Bayi yang Tepat?