Tahapan Pubertas Pada Anak Perempuan

Post On: 4 August 2016
August 1, 2016

Tahapan Pubertas Pada Anak Perempuan – dalam proses pertumbuhan menjadi seorang dewasa, anak – anak tidak langsung mengalami pertumbuhan langsung dari fase anak – anak langsung ke fase dewasa. Namun diantara kedua fase ini, terdapat sebuah fase terjadinya pubertas. Pubertas ini merupakan sebuah kondisi dimana seorang anak sudah mengalami mas transformasi dari anak anak menjadi usia remaja. Fase pubertas, khususnya untuk anak perempuan ini, akan ditandai dengan berubahnya dari segi fisik, dan juga emosional. Tubuh akan mengalami berbagai proses yang dinamakan proses biokimia.

Tahapan Pubertas Pada Anak Perempuan

Untuk anak perempuan, masa pubertas bisa banyak yang menganggap ditandai dengan masuknya ke masa menstruasi, dimana hormone estrogen memiliki peranannya tersendiri daam merangsang perkembangan ovulasi yang akan menjadi salah satu penyebab dari menstruasi ini sendiri. Namun tidak hanya bisa dilihat dari pada saat sudah terjadinya menstruasi, namun juga melalui beberapa tahap yang bisa anda coba ketahui. dan berikut ini adalah beberapa tahapan dalam masa pubertas pada anak perempuan.

Tahapan Pubertas Pada Anak Perempuan

  1. Tahap pertama

Masa pubertas dimulai kebanyakan pada usia 8 ataupun 9 tahun, pada tahap demikian terjadi pertumbuhan hormon yang akan memacu tumbuhnya hormon ovarium. Dimana dalam tahap ini, ditandai dengan perubahan dalam bentuk fisik, termasuk jaringan payudara.

  1. Tahap kedua

Tahapan yang kedua untuk menandai masa pubertas pada anak perempuan adalah pada saat fase usia 10 atau 11 tahun. Pada fase ini, masih terjadi pertumbuhan fisik dan perubahan fisik yang siginifikan pada beberapa bagian tubuh. Seperti pertumbuhan rambut pada area labia, atau juga pertumbuhan puting yang akan berubah menjadi lebih berwarna gelap.

  1. Tahapan ketiga

Tahapan selanjutnya untuk menandai masa pubertas pada anak perempuan adalah pada fase usia 11 hingga 12 tahun, pertumbuhan signifikan akan terjadi pada area kewanitaan, dan juga pada area payudara. Selain itu, akan terjadi pertumbuhan rambut pada bagian kaki dan juga ketiak dan akan terlihat lebih tebal dari biasanya.

  1. Tahap keempat

Tahapan keempat ini masuk pada periode usia 12 hingga 13 tahun yang mana sudah ditandai dengan periode masa menstruasi namun masa menstruasi ini, tidak serta merta bisa terjadi pada tahapan keempat saja, ada beberapa kasus yang mana masa mestruasi bisa terjadi pada tahapan ketiga. Dalam fase ini, masih memerlukan waktu untuk beradaptasi agar waktu ovulasi bisa terjadi dengan teratur.

  1. Tahapan kelima

Dalam tahapan yang kelima ini, secara fisik akan mengalami pertumbuhan tinggi yang signifikan, selain tinggi badan, bagian tubuh lainnya seperti paha, lengan atas, hingga bagian payudara akan berkembang tumbuh secara pesat. Akibat sekresi hormone yang tinggi, maka dalam tahapan ini, juga akan mengalami bau badan pula.

  1. Tahapan keenam

Tahapan terakhir pada masa pubertas seorang anak perempuan adalah pada usia 15 hingga 17 tahun, dimana sudah mencapai titik kematangan yang sudah penuh. Anak anak sudah berubah menjadi seorang gadis dengan pertumbuhan yang mulai stagnan. Menstruasi serta ovulasi akan terjadi secara teratur. Selain itu, pelepasan hormon estrogen serta progesterone akan membuat wajah menjadi rentan berjerawat.

BACA  Mengenali Batuk Pada Anak Serta Pengobatannya

Itulah beberapa tahapan pubertas pada anak perempuan yang bisa anda ketahui. semoga bermanfaat untuk anda, sebagai sarana informasi dan pembelajaran untuk mengenali akan fase pubertas yang dialami oleh anak perempuan.

Tags: , ,

Related to Tahapan Pubertas Pada Anak Perempuan