Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu

Post On: 21 June 2017
June 21, 2017

Tanda Awal Kehamilan – Kalimat yang sangat dinanti – nantikan oleh wanita yang baru punya suami adalah kalimat “Selamat, Anda hamil”. Ya, kalau sedang tes kehamilan pasti wanita sangat ingin mendapatkan ucapan tersebut dari dokter karena memang kehamilan adalah momen yang sangat membahagiakan sekaligus mengharukan bagi seorang wanita.

Atau mungkin Anda bingung tentang tanda awal kehamilan sebelum telat haid ? Anda telat haid namun masih belum periksa ke dokter apakah Anda hamil atau tidak karena keterbatasan waktu yang Anda punya? Sebelum Anda benar memutuskan tes kehamilan melalui test pack atau ke dokter, Anda juga ada baiknya untuk tahu beberapa tanda – tanda awal kehamilan supaya dapat memastikan secara mandiri dulu kondisi yang terjadi pada diri Anda. Seperti apa saja tanda – tanda awal kehamilan pada wanita? Namun perlu juga anda ketahui kalau kita tidak mampu memprediksi tanda tanda hamil 1 hari.

Tanda Awal Kehamilan

Beberapa Tanda Awal Kehamilan

Terjadi perubahan pada payudara

Ketika wanita hamil, maka payudara akan lebih membesar. Hal ini sebenarnya terjadi karena peningkatan produksi hormon estrogen dan juga progesteron. Kemudian kondisi ini juga akan terasa semakin lembut dan hal ini menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi bahkan sampai terkadang merasa payudara mengalami nyeri dan sakit yang terus menerus. Kemudian juga akan terjadi aktivitas hormon HPL yang diproduksi oleh tubuh ketika ibu mengalami kehamilan dalam rangka menyiapkan ASI untuk si buah hati tercinta yang akan lahir ke dunia dan ini juga berpotensi menimbulkan nyeri.

Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi datang. Dan biasanya terjadi diantara 8 sampai dengan 10 hari setelah terjadinya peristiwa menstruasi. Dan bercak darah ini juga disebabkan karena adanya implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Kemudian kondisi bercak darah ini terjadi diikuti kram perut dimana kram perut akan terus berlanjut bahkan sampai kehamilan di trimester kedua.

BACA  Waspada! Ini Bahaya Rokok Buat Ibu Hamil

Mual dan muntah

Kurang lebih sekitar 50% wanita yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda – tanda ini. Dan yang menjadi pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba – tiba dalam aliran darah. Dan hormon ini adalah HCG. Peningkatan hormon selain terjadi pada darah juga pada kencing. Karena itu test pack kehamilan juga biasanya dilakukan pada air kencing atau air seni wanita untuk tahu dirinya hamil atau tidak. Peningkatan hormon ini memberikan efek pedih dan juga dapat mengakibatkan mual.

Sering kencing atau buang air kecil

Setelah haid telat dan kemudian ada janin didalam rahim, wanita akan jadi lebih sering ingin buang air kecil. Hal ini terjadi karena janin yang baru tumbuh didalam rahim menekan kemih sehingga akan sering buang air kecil.

Demikian sedikit informasi mengenai Tanda Awal Kehamilan yang sebaiknya diketahui oleh para wanita. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Tags:

Related to Tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu