Tanda Gejala Tumor Otak Pada Anak

Post On: 18 August 2016
August 5, 2016

Tanda Gejala Tumor Otak Pada Anak – Ada hal penting yang perlu orangtua waspadai bila anak-anak mengalami masalah kesehatan. Dimana sang buah hati anda menunjukkan tanda-tanda atau gejala dengan tumor otak. Biasanya tumor otak atau kanker otak pada anak memiliki gejala yang bervariasi dan seringkali membuat sulit untuk mendiagnosis. Pasalnya tidak ada dua orang dengan tumor otak cenderung berciri-ciri yang sama.

Tanda Gejala Tumor Otak Pada Anak

Kebanyakan dari gejala yang dialami si anak terkadang tumpang tindih dengan penyakit lainnya. Pada umumnya gejala tumor otak sendiri lebih berpengaruh karena tekanan tumor terhadap jaringan otak di sekitarnya. Kesulitan mengingat yang terjadi pada anak mungkin menjadi salah satu dari gejala tumor otak, asalkan frekuensinya berlangsung tak normal. Untuk selengkapnya inilah tanda gejala tumor otak pada anak yang harus menjadi perhatian orang tua.

Tanda Gejala Tumor Otak Pada Anak

  1. Vertigo

Vertigo atau pusing di bagian kepala merupakan ciri-ciri dari gejala tumor otak pada anak-anak. Gejala ini cukup berbahaya, lantaran hanya terlihat samar pada penyakit lain  seperti halnya  sakit kepala dan muntah. Namun, untuk penderita vertigo anak biasanya akan merasakan berputar atau merasa bergerak meskipun dalam keadaan istirahat. Jadi, artinya si anak akan serasa bumi itu berputar terus menerus.

  1. Sakit Kepala

Meskipun sakit kepala umum terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, jika sakit kepala terjadi disaat anak bangun tidur di pagi hari yang merupakan gejala tumor otak. Apalagi sakit kepala yang ditimbulkan disertai dengan mual hingga muntah-muntah. Nah, herannya akan kembali membaik pada saat siang hari, dimana salah satu karakteristik dari penyakit tumor otak yang ganas.

  1. Kejang-Kejang

Kejang-kejang dapat terjadi akibat adanya aktivitas motorik di dalam otak yang tidak normal. Adapun jenis kejang yang biasanya muncul pada penderita tumor otak adalah serangan mendadak dan dibarengi dengan hilangnya kesadaran pada tubuh atau kontraksi otot. Selain itu, si anak juga akan kehilangan kontrol fungsi di tubuhnya dan bisa menginggit lidahnya sendiri. Efek setelah kejang seperti sakit kepala, bingung, sakit otot hingga mati rasa.

  1. Perubahan Mental

Tidak sedikit gejala yang dialami oleh penderita tumor otak akan mengalami perubahan mental secara drastis. Pasalnya tumor otak memicu fungsi otak tidak berjalan normal atau optimal yang mampu berpengaruh pada kesehatan mental. Umumnya ciri dari perubahan mental itu sendiri seperti kehilangan memori, gangguan konsentrasi, perubahan kepribadian dan perilaku dan peningkatan intensitas tidur.

  1. Kesulitan Saat Bergerak

Tumor otak berakibat pada pembatasan fungsi otak normal yang sesungguhnya. Padahal otak adalah penggerak atau pengontrol organ tubuh, jika terjadi kerusakan saraf otak maka berpengaruh pada sulitnya pergerakan tubuh. Anak-anak dengan tumor otak dapat mengalami kesulitan saat bergerak di salah satu sisi tubuhnya. Misalnya anak tersebut kehilangan keseimbangan maupun sulit berkoordinasi ketika bergerak bahkan sering tersandung.

BACA  Batuk Pada Bayi Apa Penyebabnya?

Jika anak anda memiliki gejala seperti yang telah disebutkan tadi, maka bawalah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.  Mungkin anda merasa artikel tanda gejala tumor otak pada anak ini sangat bermanfaat, sebaiknya bagikan kepada orang-orang yang anda cintai.

Tags: ,

Related to Tanda Gejala Tumor Otak Pada Anak