Tanda-Tanda Terkena Penyakit Ambeien Luar Dalam

Post On: 27 January 2016
July 30, 2016

Ambeien adalah salah satu penyakit akibat terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi tersebut mengakibatkan terjadinya peradangan pada dubur atau anus penderitanya. Jangan pandang sebelah mata penyakit satu ini. Akan lebih baik jika kita mengenali tanda – tanda ambeien sebagai tindakan pencegahan.

Ambeien atau sering juga disebut dengan wasir bisa dikategorikan sebagai penyakit kulit. Peradangan yang terjadi pada kulit anus menyebabkan penderita wasir akan kesakitan saat duduk atau saat akan buang air besar. Di Indonesia sendiri, penyakit ambeien lebih banyak menyerang kaum wanita dibandingankan dengan pria.

Tanda – Tanda Terkena Penyakit Ambeien

Ambeien sendiri disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah terlalu lama duduk. Akibat terlalu lama duduk hingga berjam-jam bisa menyebabkan peradangan pada bagian anus. Oleh karena itu jangan duduk lama-lama, selingi dengan berjalan-jalan selama 15 hingga 20 menit.

tanda-tanda-penyakit-ambeien-luar-dalam

Makan makanan tertentu juga bisa mengakibatkan ambeien. Seperti kebiasaan makan makanan pedas atau masam. Rasa pedas dan masam dari suatu makanan membuat usus dan sistem pencernaan semakin terganggu. Akibatnya, ambeien menjadi semakin parah.

Oleh karena itu, penderita ambeien akan selalu disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas atau masam. Karena dua jenis makanan tersebut hanya akan memperparah penyakit ambeien. Pantangan itu wajib dijalankan para penderita ambeien jika ingin penyakitnya tersebut bisa sembuh.

Ada baiknya jika kita mengenali tanda-tanda penyakit ambeien. Sebelum tanda, biasanya didahului dengan gejala. Gejala awal ambeien yang paling sering dirasakan adalah rasa gatal di sekitaran anus. Gejala tersebut lalu menimbulkan beberapa tanda fisik yang bisa diamati dengan panca indera.

Mengenali tanda-tanda terkena ambeien sangat berguna dalam tindakan pencegahan dan pengobatan. Nah, berikut ini adalah beberapa macam tanda dari penyakit ambeien.

Tanda – Tanda Ambeien Luar Dalam

  1. Nyeri di Sekitar Dubur

Tanda pertama yang bisa dijadikan sebagai indikasi penyakit ambeien adalah nyeri di bagian dubur. Setelah diawali dengan rasa gatal, dubur atau anus penderita ambeien akan terasa sangat nyeri. Nyeri tersebut diakibatkan oleh infeksi yang sudah menyerang bagian luar tubuh. Rasa nyeri itu akan membuat penderita akan kesakitan saat mencoba untuk duduk. Saat tidak duduk pun, rasa nyeri juga akan terasa.

  1. Keluarnya Lendir saat Buang Air Besar
BACA  Pantangan Bagi Penyakit Asam Urat

Tanda tanda ambeien dalam adalah adanya lendir yang keluar saat buang air besar. Setelah mengalami ras nyeri di bagian dubur, penderita ambeien akan mengalami masalah saat buang air besar. Selain mengeluarkan kotoran, penderita juga akan mengeluarkan lendir saat buang air besar. Lendir tersebut biasanya berwarna putih kekuningan. Jika sudah mengalami hal tersebut segeralah periksakan diri ke dokter.

  1. Keluar Darah dari Dubur

Tanda selanjutnya yang mungkin cukup ekstrem adalah dubur mengeluarkan darah segar. Darah yang keluar tersebut merupakan tanda jika seseorang positif mengidap ambeien. Darah tersebut keluar karena terjadinya infeksi parah pada saluran pencernaan. Darah tersebut bisa keluar bersama dengan kotoran saat buang air besar atau keluar dengan sendirinya ketika dubur bersentuhan dengan sesuatu.

  1. Muncul Benjolan di Sekitar Dubur

Tanda tanda ambeien luar yang paling mudah diamati adalah munculnya benjolan lunak yang berada di sekitar area dubur. Benjolan tersebut akibat dari infeksi lanjutan yang menyebabkan kulit di sekitar dubur terkena infeksi sehingga muncul benjolan kecil yang cukup mengganggu. Benjolan tersebut akan membuat penderita mengalami sakit yang luar biasa saat buang air besar.

Nah, itu dia tanda-tanda ambeien yang bisa kita ketahui dan amati dengan panca indera kita. Jika Anda atau kerabat Anda mengalami tanda-tanda ambeien tersebut, segeralah bawa ke dokter. Penanganan awal akan membuat penyakit ini mudah untuk disembuhkan.

Related to Tanda-Tanda Terkena Penyakit Ambeien Luar Dalam