Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol

Post On: 9 October 2016
October 9, 2016

Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol – Anak yang masih sering ngompol tentu akan membuat bunda kerepotan dan kadang sedikit kesal. Bunda pasti akan kerepotan karena bau pesing dari ompol si kecil. Dan belum lagi beberapa kegiatan yang merepotkan bunda seperti halnya menjemur kasur akibat siraman ompol dari si kecil, hal ini tentu saja menjadi hal yang cukup mengganggu untuk orangtua.

Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol
Mengajarkan si kecil untuk disiplin buang air kecil saat malam hari memang kadang susah – susah gampang. Namun bunda tidak boleh menyerah begitu saja, bunda bisa mencoba memuilainya agar si kecil juga terbiasa dengan hal tersebut dan membuat si kecil tidak sering ngompol lagi saat tidur. Nah berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa bunda lakukan agar si kecil tidak sering ngompol di tempat tidur.

Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol

Hal pertama yang bisa bunda lakukan adalah menghindarkan si kecil untuk minum apapun selama satu jam sebelum tidur. Namun agar si kecil tidak kekurangan cairan, pastikan dalam satu hari si kecil sudah mendapatkan minum yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Asupan air atau banyaknya cairan yang masuk kedalam tubuh si kecil adalah salah satu pemicu utama anak mengompol.

Nah selanjutnya adalah bunda harus bisa melatih si kecil untuk melakukan buang air kecil sebelum melakukan tidur, nah ada baiknya bunda juga mengajarkan si kecil untuk melakukan sikat gigi juga sebelum tidur. Bunda bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu rutinitas agar si kecil terbiasa akan hal tersebut.

Pada saat menuju toilet untuk melakukan buang air kecil, kadang si kecil merasa takut akan kondisi gelap menuju toilet. Jika hal ini menjadi salah satu masalah yang membuat si kecil mengompol di tempat tidur, maka bunda sebaiknya untuk menyalakan penerangan di sepanjang jalan menuju kamar mandi. Buatlah kamar mandi menjadi tempat yang nyaman, bersih dan sejuk agar si kecil tidak sungkan – sungkan untuk pergi ke toilet buang air kecil.

BACA  Cara Mengatasi Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa yg Benar

Dan ada faktor lainnya yang kadang membuat si kecil untuk malas beranjak ke toilet melakukan buang air kecil adalah karena takut akan cerita – cerita hantu dan berbagai cerita seram lainnya. Hal ini kadang sering kali membuat si kecil lebih memilih untuk mengompol di tempat tidur daripada harus pergi ke toilet yang membuatnya merinding. Sebaiknya sebisa mungkin bunda meyakinkan si kecil untuk tidak takut akan cerita – cerita hantu yang menyeramkan itu.

Nah itulah beberapa tips mengajarkan anak untuk tidak mengompol lagi. Biasakan selalu melakukan hal – hal tersebut secara rutin. Dalam beberapa kurun waktu hal itu akan membuat si kecil terbiasa untuk tidak mengompol dan lebih disiplin untuk melakukan buang air kecil.

Tags: , ,

Related to Tips Mengajarkan Anak Untuk Tidak Mengompol