Tips Mudah Memilih Obat Untuk Buah Hati

Post On: 6 November 2016
November 2, 2016

Tips Mudah Memilih Obat Untuk Buah Hati – Setiap bunda pastinya akan merasa khawatir jika melihat buah hatinya jatuh sakit. Si kecil yang tiba – tiba mengalami demam tentunya akan membuat bunda merasa khawatir dan kebingungan memberikan obat, makanan dan berbagai cara untuk membuatnya merasa tenang dan sakitnya bisa reda.

Tips Mudah Memilih Obat Untuk Buah Hati

Tips Mudah Memilih Obat Untuk Buah Hati

Dalam memilih macam obat untuk si kecil terutama yang masih berumur bayi atau bahkan balita, bunda harus berhati – hati agar tidak salah dalam memberikan obat pertolongan pertama untuk si kecil. Nah berikut ini ada beberapa tips mudah untuk memilih obat si kecil ketika demam, batuk dan pilek.

Bunda perlu mengetahui dan mengingat bahwa obat aspirin bisa saja menjadi obat yang berbahaya ketika diberikan pada anak yang menderita sakit karena terjadinya infeksi virus. Memberikan obat aspirin untuk buah hati saat terinfeksi virus bisa menimbulkan sebuah gangguan yang disebut dengan sindrom Reye nah oleh karenanya sebaiknya bunda harus menghindari untuk memberikan aspirin untuk si kecil kecuali atas saran dokter.

Antihistamin biasanya terdapat pada obat–obatan batuk dan pilek untuk meredakan batuk dan bersih pada si kecil, selain itu ia juga biasanya digunakan untuk meredakan reaksi alergi. Oleh karenanya bunda perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui seberapa tepat dosis untuk mengobati batuk dan pilek si kecil.

Label yang terdapat pada obat menggunakan berat badan rata–rata untuk menentukan dosis obat yang tepat untuk anak. Nah apabila si kecil memiliki berat badan yang lebih besar atau bahkan lebih kurus, maka bunda perlu memberikan dosis yang lebih besar atau bahkan lebih kecil dari yang sudah ditentukan. Atau bisa juga bunda berkunjung ke dokter untuk mengkonsultasikan hal ini.

BACA  Akibat Bisul Pada Bayi

Semua bunda tentunya ingin segera memberikan obat yang tepat untuk si kecil ketika sedang mengalami sakit agar mempercepat kesembuhannya. Nah jika bunda ragu untuk memberikan obat apa yang dibutuhkan untuk si kecil. Bunda bisa menanyakannya kepada dokter anak mengenai hal itu. Nah setelah berkonsultasi ke dokter, bunda akan lebih mampu mengatasi si kecil ketika jatuh sakit.

Nah hal penting yang harus bunda lakukan sebelum memberikan sebuah obat pereda untuk si kecil adalah membaca label dan instruksi dari setiap obat tersebut. Apabila pada label obat tersebut tertulis kriteria penggunaan obat, maka jangan memberikan obat tersebut jika si kecil belum mencapai kriteria yang sudah ada di label. Selain itu, berikan pula dosis yang tepat sesuai dengan yang tertera pada label obat.

Nah itulah beberapa tips mudah memilih obat untuk buah hati. Informasi tersebut sangatlah penting untuk bunda ketika menghadapi si kecil yang tiba–tiba jatuh sakit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags: ,

Related to Tips Mudah Memilih Obat Untuk Buah Hati