Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan

Post On: 19 October 2016
October 1, 2016

Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan – Pada saat musim hujan tiba, kesehatan anak memang menjadi hal utama yang harus bunda pantau. Ada banyak virus dan bakteri yang dengan mudah menyerang si kecil saat musim hujan. Dan berbagai penyakit yang mudah menyerang saat musim hujan adalah batuk dan pilek. Dan juga tidak jarang si kecil juga mengalami demam ringan yang dapat menyerang keluarga juga.

Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan

Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan

Usia anak–anak memang usia yang rentan akan berbagai penyakit dan salah satunya adalah penyakit demam. Tidak jarang para orangtua mengalami suatu kekhawatiran yang berlebihan terhadap anak saat musim hujan. Nah pada saat anak mengalami demam tinggi, berikut ini ada cara atasi panas atau demam pada anak.

Mencari Tahu Seberapa Tinggi Suhu Anak

Bunda bisa mencari tahu seberapa tinggi suhu anak dengan menggunakan termometer. Pastikan juga bunda mengambil suhu yang benar pada tempatnya. Nah tempat yang paling pas untuk mengetahui suhu tuuh adalah di mulut si kecil, lipatan siku dan ketiak. Pada saat bunda sudah mengetahui seberapa tinggi suhu si kecil, maka bunda bisa memutuskan untuk melakukan pertolongan pertama pada si kecil.

Mengkompres Dahi Si Kecil

Untuk sebagian orang, mengkompres merupakan salah satu hal yang cukup sepele. Namun jangan salah, hal ini justru menjadi pertolongan pertama yang perlu bunda lakukan untuk menurunkan suhu tubuh si kecil. Bunda bisa menggunakan air dingin untuk mengompresnya.

Pastikan Si Kecil Cukup Minum

Demam yang terjadi pada tubuh seseorang bisa mempengaruhi cairan dalam tubuh. Sebaiknya bunda mengusahakan agar anak bersedia minum cukup disaat dirinya demam. Dengan minum air yang cukup akan membuat sirkulasi cairan dalam tubuh dan bakteri penyebab demam akan terbuang bersama keringat dan urin.

BACA  Penyebab Autis Hiperaktif pada Anak dalam Kandungan

Memanggil Dokter Anak

Nah pada saat si kecil mengalami demam tinggi dalam kurun waktu lebih dari satu hari, jangan ragu untuk memanggil dokter anak untuk menangani demam si kecil.

Pakaian

Bunda bisa memastikan agar anak mengenakan pakaian hangat saat musim hujan ketika tidak enak badan. Suhu dingin saat musim hujan bisa menjadi pemicu kekebalan tubuh si kecil melemah sehingga mengalami demam.

Kebersihan Makanan dan Tubuh

Kedua hal tersebut merupakan hal yang penting dan perlu dijaga saat musim hujan. Pada saat si kecil mengalami demam pastikan bunda sudah memberikan makanan yang bernutrisi dan bersih. Walaupun dalam keadaam demam si kecil juga harus dijaga kebersihan tubuhnya. Cukup dengan mengelap tubuh si kecil menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Berbagai penyakit langganan seperti demam, batuk, pilek memang sering menyerang si kecil pada saat musim hujan. Jadi perlunya pengawasan ketat dari orangtua untuk menjaga kesehatan si kecil. Demikianlah beberapa tips mudah mengatasi demam si kecil saat musim hujan. Semoga informasi ini bisa berguna. Stay Healthy.

Sharing is caring!

Tags: , , ,

Related to Tips Mudah Mengatasi Demam Si Kecil Saat Musim Hujan